IBX5AB36EC20370D

45 Makanan [dan Tips] Ampuh Membuat Awet Muda

Umumnya yang diketahui orang-orang mengenai awet muda yaitu kulit masih terlihat kencang, tidak mudah keriput atau tubuh sehat yang jarang diserang penyakit (utamanya penyakit yang terkait dengan faktor usia).

Cara untuk awet muda tidaklah sulit. Melakukan pola makan yang baik berupa makanan sehat dan segar, dengan komposisi nutrisi seimbang dan lengkap.

Seseorang yang tampak awet muda umumnya mampu mengontrol tingkat stres, mampu untuk tetap rutin berolahraga, mampu menjalankan aktivitas sehari-hari yang padat, dsb.

Penuaan biasanya ditandai dengan:
  • Munculnya keriput
  • Penurunan kemampuan fisik
  • Kehilangan memori
  • Penurunan fungsi organ seperti kemampuan melihat, mendengar dll
  • Penururan fungsi fisiologis seperti pencernaan dan kardiovaskular.

Diet sehat dan olahraga teratur menjadi solusi terbaik untuk mencegah penuaan dini.

A. Tips agar awet muda

#1. Rajin menggosok gigi
Hasil penelitian pada ahli menunjukkan bahwa pria di bawah usia 50 tahun yang memiliki penyakit periodontal terkena resiko 2,6 kali lebih besar meninggal di usia muda serta resiko 3 kali lebih besar meninggal karena penyakit jantung dibandingkan dengan pria yang memiliki kondisi gigi yang sehat dan suka mengunyah permen karet.

Penyebab utama periodontitis karena masalah kebersihan gigi yang buruk, sehingga untuk mengatasinya harus rutin menggosok gigi setiap hari, setidaknya menggosok gigi 2 kali dalam sehari.

Penelitian menunjukkan bahwa bakteri yang ditemukan pada plak gigi ternyata sama dengan bakteri yang ditemukan pada timbunan lemak yang menyumbat pembuluh darah.

Dari sini, peneliti berspekulasi bahwa bakteri yang berasal dari mulut bisa memasuki pembuluh darah, yang menyebabkan terjadinya iritasi dan penyumbatan pembuluh darah.

#2. Cukupi kebutuhan tidur
Pada penelitian yang dilakukan oleh pihak Universitas Medis Chicago, hasil penelitian menemukan bahwa mempersingkat durasi tidur hingga hanya 4 jam berakibat pada kondisi kadar glukosa dan funsi endokrin.

Perubahan ini akan terlihat seperti pada tahap awal ketika terkena diabetes.

Selain itu, peneliti menyimpulkan bahwa kekurangan tidur menyebabkan tubuh kurang prima dan kurang fit, serta terkena resiko tinggi terkena diabetes, hipertensi, obesitas dan hilang memori ingatan.

Hendaknya tidur jangan larut malam, dan matikan lampu saat tidur sehingga mendapatkan tidur yang berkualitas.

Tidur dengan posisi telentang atau menyamping lebih baik untuk kulit wajah daripada dengan posisi telungkup.

#3. Berhenti merokok
No Smoking
Sumber gambar: Wikimedia.org
Merokok selain berbahaya untuk kesehatan jantung, juga mengakibatkan kulit menjadi keriput dan membuat seseorang terlihat lebih tua.

Dari laman Detik.com, merokok tak hanya merusak paru-paru, jantung dan impotensi, akan tetapi juga membuat si perokok rentan mengalami kerutan kulit.

Tak ada manfaat yang dapat diperoleh dari rokok.

Dampak nyata dari merokok adalah membuat si penghisapnya terlihat lebih tua. Bahkan, menurut sebuah studi yang dimuat di jurnal British Medical Association bahwa perokok memiliki wajah 5 kali lebih tua dari umur sebenarnya.

Rokok memiliki filter, tetapi itu tidak cukup untuk menghilangkan kandungan tar yang membuat asap rokok berbahaya.

Bahan-bahan kimia yang ditambahkan ke dalam tembakau untuk meningkatkan rasa, selain berbahaya terhadap tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit degeneratif, juga mengakibatkan banyaknya kerutan-kerutan di wajah.

Bahan kimia di dalam rokok membuat fungsi organ tubuh menurun. Jika organ tubuh terganggu dampak yang paling mudah terlihat adalah pada kulit, karena peredaran darah terhambat dan kurangnya cairan dalam tubuh.

Asap rokok mengandung karbon monoksida yang akan menggantikan oksigen di dalam kulit. Sedangkan nikotin mengurangi aliran darah, membuat kulit kering dan berubah warna.

Merokok banyak menguras nutrisi, termasuk vitamin C. Padahal nutrisi dan vitamin C membantu melindungi dan memperbaiki kerusakan kulit.

Nikotin juga menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang dapat menghambat aliran darah kaya oksigen ke pembuluh darah tipis di wajah, atau bagian lainnya dari tubuh.

#4. Jaga pola makan Anda
Buatlah pola makan yang baik, tidak hanya pada balita saja yang perlu dijaga betul-betul pola makannya, tetapi orang dewasa juga harus menjaga pola makannya yang baik.

Pada pagi hari, maka jangan remehkan sarapan. Sesibuk apapun, usahakan untuk sarapan dengan mengonsumsi buah. Anda bisa mengonsumsi melon, pepaya, pisang, atau apel.

Setelah itu tambahkan dengan menu karbohidrat dan protein berupa satu iris roti dengan selai kacang, atau bisa juga konsumsi telur dadar.

Pada siang hari, maka hindari (minimal batasi) makanan yang digoreng. Pada makan siang, Anda bisa makan berat seperti nasi, yang ditambah dengan lauk pauk seperti ayam, ikan, dll. Yang juga ditambah dengan sayuran.

Pada makan malam, bisa dengan menu nasi tetapi dengan porsi lebih sedikit dibandingkan makan siang, utamakan untuk memperbanyak makan sayur. Ingat, makan malam jangan mendekati waktu tidur.

Jika Anda tidur jam 9 malam, maka makan malam paling lama adalah jam 7.30 malam.

Dalam mengkonsumsi makanan, penting untuk menyayangi perut, maksudnya jangan berlebihan dalam mengkonsumsi makanan,

Lalu batasi konsumsi makanan yang mengandung minyak, kolesterol, lemak, tinggi garam dan tinggi gula.

Cara yang paling manjur agar pencernaan awet muda yaitu dengan berpuasa dan memperbanyak makan sayuran dan makanan berserat.

Konsumsi sayuran dan buah kaya akan kandungan vitamin, serat dan asam amino tinggi. Manfaatnya sangat penting, seperti membersihkan usus dan juga agar usus dapat berfungsi dengan lebih optimal

#5. Olahraga
Olahraga seperti jogging mampu membuat tubuh lebih bugar dan menjadi lebih awet muda dalam arti berbagai fungsi tubuh akan tetap baik hingga usia tua.

Sempatkan berolahraga minimal 3 kali dalam seminggu selama 20-60 menit. Olahraga akan merangsang sistem hiposis hipotalamus di otak yang mengeluarkan hormon anti aging yang kuat.

Olahraga menjaga sirkulasi darah dan metabolisme tubuh tetap teratur sehingga kardiovaskular, otot, tulang, serta organ-organ tubuh tetap sehat...

...manfaat tersebut membuat olahraga sudah terbukti mampu menurunkan resiko terkena penyakit kronis, seperti kanker, diabetes, sakit jantung hingga depresi.

Olahraga juga menangkal demensia karena berolahraga mampu meningkatkan interaksi antar-sel saraf sehingga memperlambat rusaknya jaringan otak.

#6. Nikmati dan syukuri makan Anda
Setiap kali makan, penting untuk menikmati dan mensyukuri dalam merasakan lezatnya makanan yang dikonsumsi, hal ini membuat hati menjadi lapang.

Rasa bersyukur akan membantu Anda bisa lebih awet muda, membuat hati bahagia, dan jauh dari yang namanya rasa stres dan depresi.

#7. Penuhi asupan vitamin 
Vitamin C menjadi salah satu kunci agar bisa awet muda, sehingga mencegah yang namanya penuaan dini.

Kandungan vitamin C memperkuat daya tahan tubuh, dengan zat antioksidan untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan memicu resiko tinggi penuaan dini.

Dalam jumlah kecil, vitamin C melindungi molekul penting dalam tubuh, seperti protein, lipid (lemak), karbohidrat, dan asam nukleat (DNA dan RNA) dari kerusakan akibat radikal bebas, racun, ataupun polusi.

Sekarang semakin banyak produk multivitamin yang dibuat untuk mencegah penuaan dini. Menurut dr. Elia Indrianingsih SpGk dari Eka Hospital, apabila asupan makan dan minum tercukupi dan seimbang (buah, sayur), serta asupan vitamin mineral yang mencukupi, maka tanpa menggunakan suplemen multivitamin pun tidak masalah.

#8. Jangan lupakan makanan jenis tradisional
Konsumsi makanan yang menggunakan bahan atau bumbu-bumbu tradisional segar menjadi hal yang sangat baik untuk dilakukan.

Seperti bawang putih yang manfaat sangat besar, yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi kolesterol dan mampu mencegah kanker.

Adapun jika Anda ingin mengonsumsi makanan dengan cara ditumis, disarankan untuk memilih minyak zaitun daripada minyak goreng biasa.

Hal lainnya, usahakan menghindari penggunaan jenis bumbu instan yang siap pakai.

loading...

#9. Terapkan ngemil yang sehat
Hendaknya Anda menyedikan buah segar di dalam dalam jangkauan. Sehingga ketika lapar, Anda bisa makan buah dahulu sebelum justru gemil makanan yang tinggi lemak, gula dan semacamnya.

Serat dalam buah dapat membuat perut kenyang dan mencegah Anda ngemil secara berlebihan.

Sebagai penahan lapar juga, Anda boleh mengonsumsi seperti kacang atau dark chocolate. Tapi jangan berlebihan ya.

Adapun salad berasal dari buah ataupun sayuran jauh lebih menyehatkan dibandingkan camilan manis. Terutama untuk mencegah kolesterol serta menjaga keremajaan kulit Anda.

#10. Jangan makan terlalu banyak
Para ilmuwan menemukan salah satu resep kenapa Kota Okinawa, Jepang, memiliki banyak orang berusia panjang, salah satunya karena menghindari kebiasaan makan terlalu banyak. Para penduduk di Okinawa biasa menghentikan makan saat merasa 80 persen kapasitas perutnya terisi.

Makan lebih sedikit yang dikombinasikan dengan rajin berolahraga akan membuat berat badan turun. Hal ini juga menyebabkan berkurangnya kalori sehingga menurunkan produksi hormon T3...

...Menurut para ilmuwan, rendahnya level hormon tersebut dapat membuat tubuh lebih lambat mengalami proses penuaan.

#11. Jangan bergantung pada produk anti-penuaan
Jika sebuah produk telah lolos uji Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), bukan berarti produk tersebut pasti bermanfaat.

BPOM hanya menjamin keamanan produk-produk kecantikan anti penuaan ini, tetapi bukan efektivitasnya, sehingga tidak ada jaminan sebuah produk kosmetik dapat mengurangi kerutan pada wajah.

Efektivitas atau manfaaat pada tiap produk berbeda pada masing-masing penggunanya. Hanya karena produk tersebut membawa hasil signifikan pada wajah teman Anda, bukan berarti akan bermanfaat sama juga pada Anda.

Justru, bisa jadi akan membawa efek samping jika ternyata produk tersebut mengandung bahan yang tidak sesuai dengan kulit.

Hal buruk lainnya adalah ketergantungan pada produk, dimana saat pemakaian dihentikan maka kondisi kulit bisa menjadi kembali seperti semula, sehingga manfaat yang selama ini diperoleh hilang.

#12. Rajin mencuci / bersihkan wajah 
Kulit wajah yang bersih mampu menyerap nutrisi secara maksimal. Bila Anda sebelumnya menggunakan make up maka gunakan sikat wajah karena bulu halusnya mampu membersihkan sisa-sisa make up dan kotoran dengan lebih baik...

...Selain itu, Pijatan halus dari bulu sikatnya membantu melancarkan peredaran darah pada wajah. 

Dalam menggunakan handuk, Anda harus menggantinya secara berkala karena handuk yang terlalu lama digunakan rentan meninggalkan jamur dan bakteri. 

#13. Sebisa mungkin hindari stres
Stres dapat mengakibatkan seseorang pada banyak masalah kesehatan. Stres umumnya terjadi karena tekanan dari dalam diri si penderita. Selain itu bisa juga karena kondisi lingkungan seperti polusi, dll. 

Stres mengakibatkan penyakit berbahaya yang juga bisa memicu penuaan. Jadi menjaga jiwa agar terhindar dari stres adalah kunci penting bagi anda untuk terlihat awet muda.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa stres menyebabkan perubahan fisik dalam tubuh yang dapat mempercepat penuaan. 

Lonjakan hormon adrenalin dan kortisol (hormon penyebab stres) berakibat pada tekanan darah yang meningkat dan jantung yang berdetak lebih cepat. 

#14. Batasi konsumsi gula
Suka makanan atau minuman manis? Ternyata makanan dan minuman yang manis di mulut ini tidaklah “manis” di kulit. Mengkonsumsi banyak makanan dan minuman manis bisa mempengaruhi kadar kolagen dalam tubuh...

...yang berakbiat kulit menjadi kendur dan tidak sehat lagi. Persentase yang tepat untuk mengkonsumsi makanan manis adalah 20%, sedangkan 80% sisanya adalah makanan sehat yang kaya nustrisi.

#15. Jika ingin menggunakan make up, gunakan yang berkualitas
Untuk kebaikan kulit wajah, sebaiknya jangan sering-sering mencoba make up dan mudah terpengaruh oleh iklan yang menjanjikan hasil kulit mulus dan putih dengan cepat. 

Hal itu karena kulit wajah adalah bagian kulit yang paling tipis dan sensitif. Untuk itu sebaiknya pilih produk make up yang terbuat dari bahan-bahan alami ramah lingkungan, yang lebih aman untuk kulit. 

Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah, sebelum membeli pastikan produk tersebut aman bagi kulit Anda.

B. Makanan dan minuman yang membuat awet muda

#16. Cokelat
Cokelat
Sumber gambar: Pixabay.com
Dilansir dari laman Detik.com, sebuah studi membuktikan, rutin makan cokelat bisa membuat kulit menjadi awet muda.

Tidak hanya enak untuk dimakan, cokelat juga punya manfaat bagi kulit.

Kita tidak bicara mengenai penggunaan sebagai produk perawatan kulit seperti lotion atau masker. Tetapi yang dibahas adalah meminum atau memakan cokelat berkhasiat memelihara kulit.

Studi terbaru menemukan bahwa cokelat bisa membuat kulit lebih kenyal dan berkilau sehat sampai tua. Sehingga, dapat dikatakan bahwa cokelat membantu mencegah penuaan dini jika dikonsumsi secara rutin.

Hasil penelitian telah dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition. Cokelat kaya akan flavonoid dan flavonol, ini adalah 2 jenis antikosidan yang fungsinya untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Sebuah penelitian yang melibatkan 64 wanita. Partisipan dibagi menjadi dua kelompok dan diharuskan mengonsumsi minuman cokelat setiap hari selama 24 minggu.

Kelompok pertama diberikan minuman yang terbuat dari serbuk cokelat (cocoa powder), yang terbuat dari biji cokelat asli yang digiling sampai halus, dimana kondisi kandungan flavonolnya masih tinggi. Setiap cangkir minuman cokelat memiliki 320 mg flavonol.

Pada kelompok kedua diberikan minuman nutrisi dengan rasa cokelat tetapi tidak memiliki kandungan flavonol di dalamnya.

Setelah 24 minggu, wanita yang diberi minuman cokelat berflavonol menunjukkan peningkatan pada kualitas kulitnya. Keriput di sekitar sudut mata tampak berkurang, kulit menjadi lebih elastis.

Perubahan tersebut tidak langsung terjadi, akan tetapi baru terlihat setelah 12 minggu mereka rutin minum cokelat.

Jika Anda ingin memiliki kulit sehat dan awet muda dengan cokelat? Anda tidak bisa sembarang memilih cokelat...

...Hal itu karena banyak produk cokelat yang dijual justru lebih banyak mengandung gula dan lemak ketimbang kandungan cokelat aslinya.

Sehingga konsumsi cokelat yang "tidak sehat" justru mengakibatkan tumpukan lemak di dalam tubuh.

Kandungan flavonol tinggi bisa diperoleh dari serbuk atau bubuk cokelat asli. Cokelat dalam bentuk bubuk umumnya diolah dengan cara difermentasi, lalu bijinya dikeringkan dan dipisahkan dari mentega cokelatnya.

Biji cokelat kemudian digiling menjadi serbuk. Cokelat bubuk alami memiliki lebih banyak antioksidan daripada produk yang telah dicampur bahan gula atau krimer.

Salah satu pilihan cokelat yang baik adalah dark chocolate dalam bentuk batangan. Kandungan flavonol-nya memang bervariasi tergantung dari kemurniannya.

Dark chocolate merupakan cokelat yang terbuat dari 60% dari biji tanaman kakao. Disebut dengan dark chocolate karena warnanya lebih cokelat tua (gelap), serta rasanya yang sedikit ada rasa pahit cokelat yang khas.

Konsumsi dark chocolate sebaiknya tak lebih dari 50 gram sehari. Jumlah itu setara dengan tiga keping cokelat.

Selain itu, cokelat juga tinggi akan kandungan lemak dan kalori, sehingga perlu dibatasi konsumsinya.

Produk Cokelat Esthechoc Cambridge Beauty Chocolate
Dikutip dari laman Tabloidnova.com, Perusahaan "Cambridge Beauty Chocolate" merilis sebuah produk sebatang cokelat seharga 54 Dolar Amerika bermerek Esthechoc.

Produk Esthechoc sudah diuji secara klinis, mengombinasikan proprietary, yakni zat polifenol (dikenal juga dengan sebutan astazanthin).

Perusahaan tersebut mengklaim bahwa produk cokelatnya mampu meningkatkan sirkulasi kulit dan membantu peredaran aliran oksigen dari darah ke kulit menuju otak...

...ini berguna untuk detoksifikasi kulit sekaligus menutrisi kulit secara optimal.

Selain merek "Esthechoc", terdapat banyak jenis merek produk dark Choholate lainnya.

Dark chocolate dipercaya memberikan banyak keuntungan bagi kesehatan, dibandingkan white chocolate yang tidak memiliki banyak keuntungan (dibanding dark chocolate).

Dikutip dari laman Detik.com, dibandingkan dengan milk dan white chocolate, rupanya jenis dark chocolate yang paling kaya nutrisi...

...Kandungan kakaonya sekitar 30% hingga 70%. Jika dibandingkan dengan kedua jenis tersebut, dark chocolate sumber antioksidan tertinggi.

Nutrisi dari white chocolate paling rendah dibandingkan dark dan milk chocolate. White chocolate dibuat dari cocoa butter, susu, dan gula.

White chocolate mengandung kakao, namun nutrisi dari kakao sudah hilang karena penambahan susu dan gula dalam jumlah tinggi.

#17. Buah apel
Buah apel
Sumber gambar: freeimages.com
Buah apel menjadi sumber pektin yang efektif untuk mencegah terjadinya plak (penumpukan kolesterol) pada pembuluh darah di dalam tubuh...

...sehingga juga menjaga kesehatan jantung dan organ pencernaan.

Menurut laman Techtimes.com, apel telah terbukti mengurangi kelemahan otot yang berkaitan dengan usia, hal ini berdasarkan sebuah penelitian pada obyek tikus.

Makan kulit apel membantu mengurangi penuaan otot, demikian laporan dari sekelompok peneliti dari University of Iowa.

Para peneliti mengatakan bahwa setidaknya orang dewasa dan yang sudah tua mengkonsumsi kulit apel selama dua bulan guna memperoleh manfaat yang nyata, manfaaatnya ini dikaitkan dengan kandungan asam ursolic dan tomatidine yang ada di dalamnya.

Perubahan gen yang disebabkan protein yang dikenal sebagai ATF4 bertanggung jawab atas kerusakan otot karena faktor usia...

...dan para peneliti menyatakan bahwa asupan asam ursolat dan tomatidine mampu secara signifikan mengurangi aktivitas protein (yang memberikan efek buruk ini), sehingga mencegah terjadinya kerusakan otot dan penuaan.

Pada sebuah penelitian yang melibatkan tikus, peneliti melihat efek dari dua zat tersebut pada otot. Dengan menggunakan obyek tikus tua, memberikan kandungan asam ursolic dan tomatidine (dengan kadar yang sudah diperhitungkan) pada tikus.

Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa kandungan tersebut mampu menurunkan resiko kelemahan otot karena faktor usia.

Para peneliti juga menemukan bahwa setelah dua bulan, kualitas otot tikus meningkat sebesar 30 persen dan otot massa meningkat sebesar 10 persen.

"Berdasarkan hasil ini, asam ursolat dan tomatidine tampaknya memiliki potensi besar untuk mengatasi kelemahan otot dan atrofi selama masa penuaan," kata peneliti Christopher Adams, profesor kedokteran di University of Iowa. "

Christopher Adams dan rekan-rekannya berharap bahwa temuan dari studi ini membantu menentukan faktor tepat yang menyebabkan penuaan pada manusia. Para peneliti menyatakan, bahwa penelitian tambahan masih perlu dilakukan pada manusia.

#18. Buah anggur
Buah anggur
Sumber gambar: flickr.com
Buah anggur dinilai sangat efektif untuk membuat seseorang tampil lebih awet muda.

Hal itu karena buah anggur memiliki kandungan resveratrol yang berfungsi untuk menutrisi kulit dan melindungi kulit dari sinar ultraviolet matahari, serta mencegah kanker kulit.

Anggur dikenal memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas dan mencegah penuaan.

Dalam buah anggur, ternyata ekstrak biji anggur mengandung khasiat yang lebih kuat lagi sebagai penangkal penuaan dini.

Di dalam kandungan biji anggur, terdapat asupan bioflavonoid yang berfungsi untuk menguatkan dan melindungi sel. Yang manfaatnya agar kulit dan tubuh secara umum lebih kebal terhadap serangan matahari dan radikal bebas .

Kandungan vitamin di dalam buah dan biji anggur berkhasiat untuk memperbaiki sel yang rusak. Sehingga ketika mengalami luka di kulit yang sedang dalam proses penyembuhan, mengonsumsi buah anggur membantu untuk memulihkannya lebih cepat.

Kandungan antioksidan di dalam anggur memberikan pencegahan dan mempertahankan kulit dari keriput.

Bagaimana cara mendapatkan ekstrak biji anggur? Umumnya orang hanya mengonsumsi buahnya. Hanya dengan mencampur buah anggur sebagai campuran jus bersama varian buah lainnya, hal ini membantu Anda terbiasa untuk mengonsumsi biji anggur.

Tetapi, jika Anda memang alergi terhadap buah anggur, sebaiknya tidak mengonsumsi anggur karena bisa mempengaruhi sistem pendarahan.

Untuk itu, perlu berkonsultasi kepada dokter ketika mengalami alergi tertentu terhadap suatu makanan atau minuman.

#19. Brokoli
Sayuran Brokoli
Sumber gambar: Pixabay.com
Sayuran hijau ini dinilai mampu menangkal penuaan dini, karena brokoli mengandung sumber fitonutrien yang berfungsi untuk memerangi berbagai jenis kanker, seperti kanker paru-paru dan kanker lambung.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Johns Hopkins University menemukan bahwa tunas hijau yang ada pada brokoli membantu untuk mengeluarkan polusi udara yang ada dari dalam tubuh...

...Sehingga brokoli bukan hanya berkhasiat untuk kecantikan dan mengatasi penuaan dini, tetapi juga menurunkan risiko kanker hingga 61 persen.

Dilansir dari detik.com, sayuran brokoli dikenal sebagai sumber utama antioksidan yang melindungi tubuh dari serangan penyakit, gangguan pernapasan, risiko kanker, dan menangkal radikal bebas.

Nutrisi yang terkandung dalam brokoli yaitu serat, antioksidan, vitamin A, B, C, K, dan mineral.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Cell Metabolism, para peneliti dari Washington University School of Medicine di St Louis menemukan "nicotinamide mononukleotida (NMN)" dalam brokoli...

...Itu adalah sebuah senyawa yang berperan penting dalam metabolisme energi.

Kandungan nutrisi memiliki manfaat membuat orang terlihat jauh lebih muda. Hal ini sebelumnya dilakukan percobaan pada seekor tikus.

Setelah melakukan penelitian, ternyata brokoli berkhasiat meningkatkan metabolisme tikus, berat badan menurun dan dengan kondisi yang terlihat lebih muda. Penglihatan membaik dan kadar gula darah meningkat.

Walaupun banyak orang yang tidak menyukai brokoli karena rasanya yang agak pahit, namun kandungan nutrisinya amat penting. Kandungan NMN yang sama juga ditemukan di dalam mentimun, kubis, dan edamame.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk meneliti kandungan NMN lebih dalam dan kaitannya terhadap peremajaan sistem tubuh.

#20. Jahe
Kandungan antioksidan di dalam jahe berkhasiat untuk memperkuat daya tahan tubuh dan menangkal berbagai rasa nyeri.

Jahe mengandung zat chairogeneti acid dan farnasel berfungsi untuk mencegah penuaan, menghilangkan kerutan dengan membentuk sel-sel baru tubuh. Antioksidan di dalam jahe melindungi kulit dari radikal bebas dan memperbaiki sel yang rusak.

Mengkonsumsi jahe hangat bermanfaat untuk mengatasi mual, mabuk laut / udara, perut kembung, masalah tidak nafsu makan dan berbagai problem pencernaan.

Manfaat jahe juga membantu jantung menjadi lebih sehat, dengan cara mencegah pengerasan pada arteri, menurunkan tingkat kolesterol jahat dan mencegah oksidasi LDL (kolesterol jahat).

Jahe juga berkhasiat untuk memperlancar peredaran darah dan menghangatkan badan, serta membantu proses pengeluaran racun atau detoksifikasi secara alami dan lebih lancar.

#21. Bayam
Sayuran berdaun hijau ini berguna untuk menjadikan seseorang lebih awet muda. Berbagai kandungan vitamin, serat dan mineral yang terkandung di dalam bayam berperan sebagai anti kanker, menyehatkan jantung, mencegah pikun dan menjaga kesehatan penglihatan.

Sebuah studi dalam Journal of Neuroscience melaporkan bahwa bayam dapat memerangi penurunan kognitif dan membantu merangsang otak dan kewaspadaan mental di usia tua.

Selain itu bayam juga kaya vitamin seperti A, B, C, D, dan K yang berperan penting untuk menjaga kulit tetap awet muda, serta dapat memperkuat tulang. (Sumber: Sofeminine.co.uk)

Sayuran seperti kubis, kembang kol, brokoli, kangkung, selada air, dan lobak bermanfaat untuk membantu tubuh melawan racun yang menyebabkan degenerasi sel dan penuaan.

#22. Alpukat
Alpukat kaya akan vitamin E yang membantu menjaga kulit dan rambut tetap bersinar.

Kandungan lemak tak jenuh tunggal pada alpukat berfungsi mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Kandungan asam oleat, asam lemak omega-9 membantu kulit mempertahankan kelembaban, kelembutan dan kekenyalan kulit.

Selain itu, kandungan kalium di dalam alpukat mencegah retensi cairan di dalam tubuh dan juga mengontrol tekanan darah. (Sumber: Health.com)

#23. Buah Beri
Buah beri kaya akan kandungan senyawa antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Buah beri juga mengandung fitokimia yang dikenal sebagai flavonoid, merupakan sebuah antioksidan berguna untuk melawan radikal bebas, yang itu untuk mencegah terjadinya penuaan dini.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 1999 di Tufts University’s jean Mayer Human Nutrition Research Center on Aging menemukan  bahwa mengkonsumsi ekstrak blueberry mampu memperpanjang umur seseorang.

Peneliti menemukan bahwa buah blueberry mengandung beberapa senyawa yang berkhasiat untuk mengurangi peradangan dan kerusakan oksidatif yang berkaitan dengan masalah penurunan fungsi memori dan fungsi motorik. (Sumber: Health.com)

Stroberi memiliki banyak vitamin C berfungsi untuk melawan radikal bebas, meningkatkan kekebalan tubuh, dan memelihara sel kulit secara alami dari dalam.

Bahan antioksidan dalam stroberi memberikan perlindungan untuk kolagen yang sering mengalami kerusakan akibat penuaan dini dan efek sinar matahari. Stroberi membantu produksi sel-sel tubuh yang lebih sehat. (Sumber: Sofeminine.co.uk)

Blackberry mengandung berbagai jenis senyawa antioksidan seperti flavonoid, flavonol dan fenolik yang bisa melawan serangan radikal bebas.

Blackberry juga mengandung senyawa antosianin yang membuat sel-sel kulit memperbaruhi dengan sehat dan efektif. Sehingga membantu mengatasi dan mencegah kerusakan kulit akibat reaksi oksidatif karena sering mengkonsumsi lemak dan kolesterol.

Kandungan vitamin C dan vitamin E dalam buah blackberry bermanfaat untuk memelihara kerusakan kulit akibat sinar matahari dan membantu pembentukan kolagen dalam tubuh.

#24. Air putih
Tubuh perlu tetap terhidrasi, dimana hal ini sangat penting untuk mencegah terjadinya proses penuaan yang terlalu cepat. Air putih tidak ada yang bisa menggantikan peran dan manfaatnya.

Dengan konsumsi air putih yang mencukupi, maka keberadaan air di dalam tubuh membantu membuang racun keluar dari dalam tubuh, serta menjaga kondisi darah tetap dalam tingkat kekentalan yang baik dan normal.

#25. Yogurt rendah lemak
Yoghurt merupakan produk olahan susu yang diolah secara difermentasi, memiliki banyak kandungan kalsium, sehingga mencegah resiko osteoporosis.

Yogurt dikenal juga termasuk minuman anti-penuaan. Walaupun memang belum ada penjelaan resmi dari peneliti yang menunjukkan sifat anti-penuaan ini, tetapi yogurt kaya akan kalsium yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Yogurt mengandung bakteri baik yang keberadaan berguna untuk kesehatan sistem pencernaan dan juga sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, bekteri lactobacillus dalam yogurt bermanfaat untuk membantu menjaga fungsi dan kesehatan pencernaan. Mengkonsumsi yoghurt dipercaya mampu mengurangi peradangan para usus.

Vitamin-vitamin B di dalam yoghurt sangat penting untuk berbagai fungsi tubuh, seperti pertumbuhan sel tubuh.

#26. Mentimun
Mentimun
Sumber gambar: Freeimages.com
Mata yang lelah dapat diatasi dan dibaut sejuk menggunakan irisan mentimun. Itu salah satu kegunaan mentimun yang cukup populer di masyarakat,

Selain itu, menurut study dari Salk Institute for Biological Studies, menjelaskan bahwa mentimun memiliki kandungan fisetin, flavonols yang dapat mencegah penurunan memori otak dan mencegah penyakit Alzheimer.

Pada kulit mentimun terdapat kandungan silica yang berfungsi untuk menjaga kelenturan kulit dan juga memperbaiki sel-sel pada kulit dan tulang.

Menambahkan mentimun segar ke dalam makanan Anda membantu menghasilkan kulit bersih, berkilau, dan mengurangi jerawat.

Kandungan silika meningkatkan produksi kolagen kulit, mengurangi kerutan, dan menjadikan kulit elastis dan awet muda. (Sumber: Bembu.com)

Beberapa bentuk konsumsi mentimun yaitu berbentuk salad, jus atau lalapan.

#27. Jambu Biji
Sumber gambar: Flickr.com
Jambu biji juga masuk ke dalam golongan makanan / buah yang membuat awet muda.

Hal itu karena karena jambu biji menjadi sumber vitamin C yang berfungsi memerangi radikal bebas.

Dimana radikal bebas adalah penyebab utama terjadinya resiko tinggi penuaan dini pada seseorang, dan sangat berbahaya karena memicu penyakit jantung dan kanker.

#28. Acai Berry
Acai berry berasal dari negara Brasil, acai berry berbentuk mirip anggur yang kaya akan kandungan antioksidan dan asam lemak omega-3.

Acai berry tidak kalah manfaatnya dibandingkan buah anggur yang dikenal ampuh untuk mencegah penuaan dini dan mengatasi berbagai penyakit yang berkaitan dengan penuaan.

#29. Minyak zaitun
Penelitan yang telah dilakukan oleh "seven countries study", menemukakan bahwa kandungan lemak tak jenuh tunggal yang terkndung di dalam minyak zaitun bermanfaat untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan kanker.

Selain itu, minyak zaitun juga mengandung polifenol, dimana polifenol adalah salah satu senyawa anti-oksidan.

Minyak zaitun sangat baik untuk anti-penuaan karena sifat antioksidan seperti polifenol dan vitamin E.

Manfaat minyak zaitun juga dapat diperoleh melalui pijat ke dalam kulit, dan minyak tumbuhan dalam minyak zaitun memiliki sifat pelembab yang sangat baik. (Sumber: Sofeminine.co.uk)

#30. Tomat
Lycopene dalam tomat berfungsi untuk mencerahkan kulit, menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker. Sementara kandungan vitamin C-nya berfungsi untuk menghilangkan noda dan jerawat.

Tomat memiliki antioksidan yang bisa menurunkan resiko terjadinya kerutan dan mencegah radikal bebas yang merusak kulit. (Sumber: Sofeminine.co.uk)

Kandungan antioksidan di dalam tomat bisa bertindak sebagai anti-aging, sehingga sering konsumsi sayuran tomat bisa membuat anda tampak lebih muda.

#31. Wortel
Wortel kaya akan beta-karoten, mengonsumsi wortel mentah (sebelumnya dicuci bersih) bermanfaat membuat kulit tetap kenyal dan muda.

Dengan mengonsumsi satu cangkir wortel sehari membantu Anda mendapatkan warna kulit yang bagus dan bersinar.

Dikutip dari laman Realfoodforlife.com, kandungan Vitamin A dan antioksidan di dalam wortel bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari.

Kekurangan vitamin A menyebabkan kekeringan pada kulit, rambut dan kuku. Vitamin mencegah kerutan dini, jerawat, kulit kering, pigmentasi, noda dan warna kulit tidak merata.

Wortel digunakan sebagai masker wajah yang sangat nyaman. Membuat ramuan berupa campuran wortel parut dengan sedikit madu.

#32. Lemon
Konusmsi air lemon bisa mendetoks dan membersihkan liver Anda. Lever yang bersih juga akan berdampak baik pada kesehatan kulit.

Hal yang baik untuk minum air panas dan lemon pada pagi hari. Satu cangkir air panas dan lemon dapat menyeimbangkan pH tubuh. (Sumber: Sofeminine.co.uk)


#33. Buah semangka
Menjaga kesehatan kulit agar tampak lebih awet muda Anda perlu menjaga kelembabannya, salah satunya dengan mengkonsumsi buah tinggi air seperti semangka. Banyak minum air putih juga untuk membantu Anda terhindar dari penuaan dini pada kulit wajah.

Senyawa antioksidan memberikan semangka warna merah yang membantu kulit tercegah dari kerusakan UV. Hal ini dikatakan oleh pakar gizi, Keri Glassman, RD, pendiri NutritiousLife.com. (Sumber: Health.com)

#34. Buah kiwi
Buah kiwi
Sumber gambar: Pixabay.com
Makan buah kiwi membantu menjaga kulit mulus dan meningkatkan kesehatan tulang. Menurut laman Drayer, satu cup buah kiwi yang dikupas mengandung lebih banyak vitamin C dibanding jeruk dalam jumlah sama.

Manfaat lainnya dari buah kiwi adalah dapat menetralisir radikal-radikal bebas yang menyebabkan penyakit seperti kanker dan penyakit jantung.

#35. Kacang walnut dan kacang lainnya
Walnut adalah salah satu kacang yang mengadung asam lemak omega-3 cukup tinggi. Asam lemak ini bermanfaat untuk mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit jantung, serta meningkatkan kekuatan tulang.

Protein dalam kacang-kacangan membantu untuk membangun otot tubuh. Kacang juga sumber antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan radikal bebas. (Sumber: Bembu.com)

Penelitian terbaru mengenai kacang almond telah menemukan bahwa Almond memberikan tingkat yang baik dari vitamin E, vitamin antioksidan lain, serta kaya flavonoid yang memiliki efek antioksidan.

Kacang almond juga kaya akan seng, mineral utama yang diperlukan untuk pembentukan kolagen. Selain itu juga memiliki kandungan protein. (Sumber: Sofeminine.co.uk)

#36. Ikan Makarel
Sumber gambar: Wikimedia.org
Ikan makerel mengandung asam lemak omega 3 yang membantu memelihara sel kulit dan mencegah kulit kendur.

Ikan ini juga tidak mengandung lemak berlebihan sehingga tidak memicu kolesterol tinggi dalam tubuh.

Kandungan asam amino esensial dalam ikan makarel bermanfaat untuk menangkal semua efek peradangan pada tubuh. Hal ini berarti makarel juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan kulit dari dalam tubuh. (Sumber: Sofeminine.co.uk)

#37. Ikan Tuna
Sushi Tuna
Sushi Tuna | Sumber gambar: pixabay.com
Ikan tuna mengandung protein yang sangat tinggi. Kandungan protein ini bisa menjadi peptida ketika dimasak dengan cara dipanaskan. Peptida membantu tubuh dalam mendapatkan bahan antioksidan dan melindungi membran sel termasuk untuk sel kulit.

Ikan tuna juga mengandung vitamin C yang membantu kulit tubuh dalam mendapatkan nutrisi, mempertahankan kolagen, dan mendukung sistem peredaran darah dalam tubuh.

Pilihlah tuna segar daripada tuna kalengan, karena proses pengalengan seperti itu menghilangkan banyak kandungan omega 3 dari ikan tuna. (Sumber: Sofeminine.co.uk)

#38. Ikan Salmon
Daging Ikan Salmon
Daging Ikan Salmon | Sumber gambar:  Pexels.com
Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3, selenium, dan vitamin D.

Asam lemak omega 3 berfungsi membersihkan darah dari lemak dan kolesterol, membantu memperbaiki penampilan kulit, mencegah jerawat dan meminimalisir kerutan di sekitar mata dan hidung.

Ikan salmon juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

#39. Bit
Bit
Sumber gambar: Wikimedia.org
Pigmen warna pada buah bit banyak mengandung betasianin bermanfaat untuk membantu tubuh dalam melawan pembentukan kanker kulit dan mencegah kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Bit merupakan sumber dari betacyanin, yang merupakan anti-inflamasi dan mengandung magnesium, zat besi, seng dan kalsium untuk membantu membuang racun dari dalam tubuh. (Sumber: Sofeminine.co.uk)

#40. Kaldu Tulang
Hemdaknya Anda bisa mulai membuat kaldu tulang alami tanpa bahan pengawet maupun perasa lain. Anda bisa menggunakan jenis tulang sapi atau tulang ayam kampung.

Kaldu mengandung banyak kolagen yang penting bagi penampilan kulit. Kaldu tulang yang dimasak dalam waktu yang lama menghasilkan zat gelatin yang membuat pencernaan lebih baik.

Kolagen adalah bahan alami yang terbentuk dalam tubuh, manfaatnya untuk mengurangi resiko peradangan yang sering menyebabkan efek penuaan dini.

#41. Bawang Putih
Bawang putih menjadi sumber flavonoid yang manfaatnya untuk mencegah radang bahkan kanker pada lambung, diabetes, menyehatkan organ jantung dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam darah.

Bawang putih juga memperkuat sistem imun tubuh serta membantu untuk mencegah penyakit mengerikan seperti kanker usus dan penyakit jantung.

Bawang putih yang mampu mengurangi kadar kolesterol jahat sekaligus berfungsi sebagai pengencer darah, sehingga berkhasiat mencegah penyakit jantung. Bawang putih mampu mencegah degenerasi sel yang menyebabkan penuaan.

#42. Bawang Merah
Bawang merah membantu menjaga tubuh agar tidak kekurangan vitamin C. Vitamin C bekerja untuk menangkal radikal bebas.

Bawang merah mengandung senyawa anti-inflamasi yang melindungi kulit dari efek peradangan. Bahkan bawang merah dipercaya bisa mencegah penuaan dini dan jerawat yang membekas pada kulit.

#43. Sirup Maple 
Sirup maple memiliki warna cokelat keemasan dan rasa manis alami. Sirup maple memiliki kandungan antioksidan, zinc, vitamin dan mineral.

#44. Paprika
Paprika
Sumber gambar: Pixabay.com
Paprika merah mengandung likopen bermanfaat untuk meningkatkan kolagen alami dalam tubuh dan memberikan perlindungan kerusakan kulit. Selain itu terdapat kandungan Vitamin C.

Paprika kuning mengandung vitamin C yang membantu dalam mempertahankan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan jaringan kulit dan organ lain. 

Vitamin C menjadi sumber bahan antioksidan membantu merlindungi sel-sel tubuh dan jaringan kulit untuk melawan semua efek penuaan dini. 

#45. Ubi
Ubi
Sumber gambar: Pixabay.com
Ubi mengandung beta karoten, vitamin C, vitamin B, dan zat besi. Yang manfaatnya membantu tubuh dalam mempertahankan kolagen, melawan radikal bebas, melindungi kulit dari kerusakan sel.

Ubi jalar merupakan sumber besar serat, yang membantu mengatasi masalah pencernaan. Ubi jalar mengandung mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan membangun tulang yang sehat.

Ubi jalar kaya betcarotene yang dapat dikonversi menjadi vitamin A yang sangat penting untuk kulit sehat. (Sumber: sofeminine.co.uk)

Referensi:
  1. Health.com: 10 Foods That Make You Look Younger
  2. Bembu.com: 23 Anti-Aging Foods to Turn Back the Clock and Feel Younger
  3. Sofeminine.co.uk: Want To Stay Younger For Longer? Eat These 25 Healthy Foods For Anti-Ageing

Tidak ada komentar