IBX5AB36EC20370D

8 Cara Ampuh Menghilangkan Kebiasaan Lupa

Cara menghilangkan kebiasaan lupa -- Hal yang sangat mengecewakan diri kita sendiri ketika berencana melakukan sesuatu, akan tetapi secara tiba-tiba apa saja yang ingin dilakukan tersebut.

Jika masalah lupa ini sering terjadi, maka masalah ini bukan lagi menjadi sesuatu yang kebetulan, akan tetapi sudah masuk pada masalah penyakit.

Sehingga jika hal itu terjadi perlu usaha dalam menghilangkan kebiasaan lupa seperti itu.

Contoh dari penyakit lupa adalah ketika menyimpan suatu benda, sehingga kita bersusah payah untuk mencarinya kemana-mana, akan tetapi tidak jua ditemukan.

Selain lelah secara fisik gara-gara lupa ini juga membuat lelah secara psikologis, kita menjadi omosi dan kesal dan emosi karenanya.

Adapun untuk penyakit lupa yang terjadi pada orang yang sepuh atau lanjut usia maka hal ini dimaklumkan dan wajar terjadi.

Akan tetapi jika kebiasaan lupa terjadi pada orang yang usianya muda, maka hal ini menjadi sesuatu yang perlu diatasi dan dihilangkan “penyakit” lupa tersebut.

Penyebab Kebiasaan Lupa

Beberapa hal memicu seseorang mengalam lupa yaitu:

Kurangnya tidur
Dimana hal yang sudah sering terjadi pada orang yang begadang di malam hari, maka besok harinya akan merasakan kantuk dan pikiran menjadi tidak fokus, sehingga membuat seseorang menjadi mudah lupa karena lemahnya kemampuan fokus.

Karena penggunaan narkoba dan alkohol
Seperti pada orang yang mabuk, maka akan cenderung untuk mudah lupa dan sulit untuk berfikir sehat. Apalagi jika menggunakan narkoba, yang mengakibatkan sel-sel otaknya menjadi rusak.

Kepala terbentur cukup keras
Ketika kepala terbentur cukup kuat bisa memberikan resiko berupa sistem memori otak yang dapat secara mendadak hilang. Masalah seperti ini sering terjadi pada orang yang mengalami kecelakan yang mengakibatkan cidera di bagian kepala. Kepala yang terbentur keras juga secara jangka panjang dapat membuat seseorang mudah lupa, hingga yng terburuk mengalami amnesia.

Alzheimer
Penyakit ini juga ada hubungannya dengan hilangnya ingatan, dimana gejala dari Alzheimer yaitu mudah mengalami kecemasan, mudah kesal sehingga membuatnya sering marah, pikiran juga sulit terpola dengan baik sehingga juga sulit fokus, hingga terlalu mudah mengalami lelah. Penyakit Alzheimer juga mengakibatkan penderitanya mudah bingung, hingga yang paling buruk adalah mengakibatkan pikun, yang bisa berupa lupa pada anggota keluarganya sendiri.

Selain itu rasa stres dan depresi yang dialami juga dapat memicu seseorang menjadi mudah lupa.

Cara menghilangkan kebiasaan lupa

Nah, adapun cara menghilangkan kebiasaan lupa ini bisa dengan beberapa hal, berikut di bawah ini penjelasan lengkapnya:

1. Istirahat yang Cukup
Dengan istirahat yang cukup maka sangat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk kesehatan organ otak yang digunakan untuk berfikir Hla itu karena tubuh dan pikiran perlu untuk diistirahatkan setelah seharian melakukan pekerjaan panjang.
 
2. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi
Hal ini juga penting, hindari makanan yang bersifat junk food atau makanan cepat saji, penting untuk memilih makanan yang di dalamnya terdaat kandungan yang bergizi, seperti yang sering kita dengar seperti sayuran, buah segar dan ikan menjadi makanan yang perlu untuk sering Kamu konsumsi. Sehingga dengan mendapatkan asupan yang bergizi bermanfaat untuk kesehatan organ otak.

3. Konsumsi vitamin E
Kandungan yang khusus untuk Kamu perhatikan yaitu Vitamin E karena memiliki fungsi untuk meningkatkan kemampuan otak dalam berfikir. Makanan yang mengandung cukup banyak kandungan vitamin E yaitu seperti kacang-kacangan, yang bisa mencegah masalah lemahnya memori otak. Dan tidak diragukan dari penjelasan ahli kesehatan bahwa vitamin E berfungsi untuk meningkatkan sistem kerja otak.

4. Kosumsi Choline
Hati ayam, kedelai, dan telur merupakan tempat utama dari choline. Yang bermanfaat untuk meningkatkan daya pikir sehingga efektif dalam membantu menghilangkan kebiasaan lupa yang dialami.

5. Rajin berolahraga 
Manfaatnya yaitu untuk memperlancar peredaran oksigen di dalam otak. Diaman dengan suplai oksigen yang cukup ke otak maka bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi otak, alhasil daya ingatmu pun menjadi lebih baik. Rajin berolahraga juga bermanfaat untuk memperlancar proses pertumbuhan sel-sel baru di dalam otak.

6. Biasakan mletakkan benda di tempat yang sama
Dengan membiasakan diri meletakkan benda di tempat yang sama seperti sebelum meletakannya, maka hal ini sebenarnya membantu pikiran Kamu dalam meningkatkan kemampuan daya ingat, sehingga hal ini perlu diterapkan jika Kamu mengalami kebiasaan lupa.

7. Buatlah catatan
Sebenarnya yang namanya manusia tetap saja dapat mengalami lupa sewaktu-waktu, untuk itu terutama jika kita adalah orang yang sering lupa, tidak ada salahnya untuk mencatat hal-hal yang penting untuk dicatat, sehingga terhindar dari benar-benar lupa pada hal yang ingin dilakukan. Dan sebetulnya mencatat ini juga berguna sebagai terapi untuk menghilangkan kebiasaan lupa.

8. Buatlah kegiatan
Dalam berjalannya waktu Kamu perlu untuk melatih otak agar tetap tajam, Kamu dapat membaca buku yang berguna untuk menambah pengetahuan, selain itu juga berguna untuk meningkatkan kemampuan kinerja otak. Kamu dapat membuat kegiatan-kegiatan lainnya yang utamanya langsung berhubungan dengan aktivitas berfikir.

Tidak ada komentar